Skip to main content

Penggunaan Desain Grafis

Artikel By : www.vallet.id

Penggunaan desain grafis di era sekarang ini sangatlah luas dan memberikan warna istimewa untuk masyarakat secara umum. Mulai dari desain media sosial, souvenir sampai undangan pernikahan. Tidak hanya itu, desain grafis juga sudah lama mewarnai dunia blogging dan membuat tulisan lebih berbicara. Desain grafis memudahkan para pembaca dalam memahami tulisan yang ada. Lebih dari itu, desain grafis merupakan sentuhan tambahan sebuah artikel blog jadi lebih menarik. Saya pribadi senang sekali melihat blog dengan dilengkapi desain grafis yang sederhana namun enak dibaca.
Membuat desain grafis tidaklah harus yang rumit atau tingkat tinggi. Desain grafis yang sederhana dengan sentuhan terbaik dapat menghasilkan karya istimewa. Desain grafis yang sederhana justru terlihat lebih berkesan dari pada desain yang terlalu ramai dan rumit. Kombinasi huruf, keselarasan warna serta permainan garis simetris yang apik membuat desain grafis menjadi istimewa.
Susah nggak sih buat desain grafis? Pertanyaan yang sangat sering dilontarkan oleh teman-teman saya. Membuat desain grafis tidak sesulit yang teman-teman pikirkan. Asalkan niat dan telaten pasti jadi. Belajar desain grafis dimulai dari niat kuat untuk mau belajar. Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi yang memudahkan kita bisa belajar dari banyak sumber. Bisa dengan melihat tutorial di Youtube ataupun sederhananya bertanya pada mbah Google.
Kalau ada niat, pasti ada jalan untuk mewujudkannya. Sebagai seorang blogger pemula, saya juga masih terus belajar mendalami ilmu desain grafis. Belajar dan terus belajar mengasah ilmu agar lebih pro lagi dalam desain. Apalagi desain grafis ini menjadikan tulisan di blog lebih hidup dan berwarna. Saya ada beberapa tips sederhana untuk belajar desain grafis agar lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, mari merapat 😁
1. Brainstorming Konsep Desain
Sebelum membuat desain, pastikan sudah melakukan brainstorming konsep desain yang akan dibuat. Konsep desain ini sesuai dengan isi tulisan yang akan dibuat desain grafis. Sebelum menulis tulisan di blog, saya membuat daftar desain dan konsepnya terlebih dahulu. Sebagai contoh seperti berikut:
2. Membuat Detail dari Konten Desain
Setelah mempunyai konsep desain yang jelas maka selanjutnya membuat detail konten desain dari tulisan yang dibuat. Detail konten desain ini harus sesederhana mungkin dan jangan terlalu panjang agar pembaca dengan mudah memahami tulisan begitu melihat gambarnya.
3. Mulai Membuat Desain Grafis, Make it simple!
Setelah mendapatkan konsep desain dan detail konten desain, maka saatnya memulai desain yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan. Saat mengerjakan desain grafis, perhatikan beberapa hal berikut ini:
4. Menggunakan software desain yang user friendly
Setiap orang memiliki tingkat kecepatan pemahaman yang berbeda-beda dalam hal desain grafis, saya termasuk dalam kategori kecepatan sedang. Agar proses desain yang dilakukan tidak terlalu rumit, saya memilih software desain yang user friendly. Dalam hal ini, saya menggunakan Corel Draw karena menurut saya sangat mudah dipelajari apalagi untuk para newbie.
5. Membuat objek sederhana, modifikasi foto yang ada atau gunakan perpaduan garis simetris
Desain grafis tidak melulu menggunakan objek yang rumit dan tentu butuh waktu lama membuatnya. Untuk para pemula,bisa membuat objek sesederhana mungkin. Selain objek sederhana, bisa menggunakan foto yang ada atau menggunakan perpaduan garis simetris. Desain grafis sederhana ini bisa membuat para pembaca lebih memahami apa yang penulis sampaikan dalam tulisan.

Desain Grafis dengan objek sederhana vs Desain Grafis perpaduan garis simetris dan ukuran font
,kreasikan desain dengan jenis font, keselarasan warna dan tata letak yang bagus. Pemilihan jenis font juga sangat mempengaruhi dalam pembuatan desain grafis. Jenis font yang bagus dengan keselarasan warna dan tata letak yang bagus sangat mendukung desain grafis yang dibuat jadi lebih menarik dan istimewa. Tidak hanya itu, proses pembuatan desain grafis juga jadi lebih sederhana dan hemat waktu.
6. Publish and keep the creativity up!
Setelah desain grafis yang dibuat selesai, pasang sesuai dengan isi tulisan yang menggambarkan desain grafis yang telah dibuat. Berikut ini desain grafis sesuai dengan konsep dan konten desain yang telah dibuat sebelumnya:
7. Cepat, keren, murah, Easy Vallet in Aja!

Buat kamu yang bingung dan belum expert dibidang desain nih dan membutuhkan desain cepat buat media sosial, bisnis, organisasi dan lain sebagainya gunakan aja Vallet dengan cara masuk atau klik https://app.vallet.id/ dan kamu bisa mendesain sesuka kamu cepat, murah, dan gampang yu coba dulu deh.
Sumber: www.luckycaesar.com

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Kombinasi Font Terbaik

Artikel By :  www.vallet.id Sebelum membuat desain, kamu harus memahami dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat elemen dan prinsip yang mesti kamu pahami. Selain itu, pemilihan  font  juga tidak boleh asal-asalan, karena setiap  font  yang kamu pilih akan memberikan  mood  yang berbeda-beda pula. Rekomendasi Kombinasi Font Terbaik Mengombinasikan  font  merupakan pekerjaan yang  tricky . Pilihlah jenis font yang sesuai dengan font karakter desain entah itu untuk poster, brosur, tampilan  website , atau media lainnya agar terlihat lebih dinamis. Salah sedikit saja akan membuat semuanya terlihat kacau. Untuk dapat mengombinasikan  font  dengan baik dibutuhkan sentuhan desain yang kuat dan mata yang tajam. Sebelum memilih  font  untuk desain, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal seperti, memahami untuk siapa desain tersebut dibuat sebab, setiap  font  memiliki rasa dan  mood  tersendiri jangan sampai target merasa tidak sreg dengan font yang kamu

Ketahui Ukuran Spanduk Agar Informasi Tersampaikan

Artikel By :  www.vallet.id Ukuran spanduk, ditentukan  sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa ukuran yang biasa dilihat. Ketika di jalan raya, ukuran yang digunakan jenis spanduk adalah ukuran 2 x 4,5 m. Berbeda dengan spanduk yang diletakan di pinggir jalan biasanya berukuran kecil. Penggunaan spanduk berukuran kecil untuk memberikan informasi yang singkat kepada pembaca. Seperti spanduk informasi kursus masak, dapat menggunakan ukuran yang tidak besar dan hanya berbentuk persegi. Jika Anda ingin mencetak spanduk langkah awal yang perlu diketahui adalah ukuran spanduk. Cari tahu ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing ukuran memiliki harga dan penempatan informasi yang berbeda. Seperti beberapa ukuran spanduk yang sering digunakan berikut. 2 x 1,5 m 3 x 0,8 m 3 x 1 m 4 x 0,8 m 2 x 4,5 m 5 x 1 m Ukuran spanduk tersebut sering digunakan orang untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Namun Anda dapat mencetaknya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Sesuaika

Pengertian desain grafis

Artikel By :  www.vallet.id Pengertian desain grafis adalah suatu proses komunikasi dengan penggunaan elemen-elemen visual. Seperti: gambar, bentuk  (shape) , ilustrasi, hingga teks dengan tujuan untuk menyapaikan pesan tertentu. Anda seorang desainer grafis? Profesional? Atau baru belajar? Saya rasa tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini sampai habis dan mengambil ilmu yang terkandung.  Semoga. Apa itu Desain Grafis? Desain grafis juga dikenal sebagai desain komunikasi (visual). Desain grafis adalah sebuah seni sekaligus praktik perencanaan, gagasan, dan pengalaman yang dituangkan ke dalam konten visual dan tekstual. Bentuk yang diambil dapat berupa desain fisik atau virtual dan mencakup kata-kata, gambar, dan grafik. Desain grafis dapat dikerjakan secara fleksibel baik individual maupun tim dengan skala besar. Tahukah Anda? Dalam ilmu desain grafis, teks tulisan juga disebut sebagai gambar. Itu dikarenakan tulisan adalah bentuk abstraksi dari simbol-simbol yang d