Skip to main content

Hotel

Artikel By : www.vallet.id

Hotel merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang menawarkan suatu jasa dalam hal penyediaan tempat tinggal, yang sifatnya sementara dan dalam waktu-waktu tertentu bagi siapa saja yang memerlukannya. Biasanya yang ingin menginap di suatu hotel adalah orang-orang yang sedang bepergian pada suatu daerah tertentu, dimana orang-orang tersebut berasal dari daerah yang tidak sama dengan tempat hotel tersebut berada. Sedangkan pengertian Reservasi sendiri adalah sebuah proses perjanjian berupa pemesanan sebuah produk baik barang maupun jasa dimana pada saat itu telah terdapat kesepahaman antara konsumen dengan produsen mengenai produk tersebut namun belum ditutup oleh sebuah transaksi jual-beli. Sekarang instansi-instansi baik swasta maupun negeri memanfaatkan fasilitas teknologi dalam pengolahan data-data yang dulu diolah secara manual diubah kedalam pola komputerisasi yang mempermudah proses pengentrian dan pencarian datadata yang telah tersimpan dalam database.
  1. Double Booking
Double booking kerap terjadi saat Anda hendak melakukan pemesanan tiket pesawat maupun hotel. Umumnya hal ini terjadi saat Anda melakukan pembayaran dan koneksi internet Anda kurang stabil atau ada kendala dari pihak pemroses pembayaran (maskapai, hotel, dan travel agent menggunakan pihak ketiga/payment gateway untuk memproses pembayaran). Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda cukup menghubungi pihak travel agent/maskapai/hotel sesegera mungkin dengan menginformasikan kedua bukti pembayaran yang terjadi. Mereka akan mengecek sistem dan bila terbukti, maka refund pun akan dilakukan ke metode pembayaran awal.
  • Pemesanan Tidak Terdaftar
Ada 3 kemungkinan penyebab dari tidak terdaftarnya pemesanan Anda. Pertama adalah travel agent yang Anda gunakan ternyata tidak terpercaya dan tidak melakukan pemesanan yang diminta. Kedua adalah terdapat pemesanan tapi terjadi kesalahan pada sistem maskapai/hotel/travel agent. Ketiga adalah nama penumpang/tamu yang terdaftar di sistem hotel/maskapai berbeda dengan data diri yang Anda berikan. Untuk yang kedua dan ketiga, Anda bisa berikan bukti pembayaran yang telah Anda lakukan serta voucher/e-ticket yang Anda terima. Penting untuk Anda memastikan bahwa data penumpang/tamu yang diberikan sesuai dengan identitas resmi Anda (KTP/SIM/paspor) untuk menghindari hal ini. Jika yang terjadi adalah yang pertama, maskapai/hotel tidak bisa melakukan apa pun. Karena itu, selalu pesan tiket pesawat dan hotel Anda dari pihak yang terpercaya. Lebih mudahnya, cari dan pesan via Skyscanner karena kami adalah mitra resmi dari puluhan ribu maskapai dan hotel yang ada di seluruh dunia.
  • Seat/Kamar Habis (Over-booked)
Ini kondisi yang tidak menyenangkan, namun bisa jadi menyenangkan jika Anda sedang tidak terburu-buru untuk terbang. Hal ini sering terjadi saat peak season saat demand akan tiket/kamar sangat tinggi dan terjadilah over-booked (ini murni kesalahan dari pihak maskapai/hotel). Untuk menghindarinya, selalu datang (check-in) jauh lebih awal di bandara/hotel saat periode peak-season. Kalau pun pada akhirnya Anda tetap tidak dapat seat/kamar, pihak maskapai/hotel biasanya akan menawarkan pemindahan ke penerbangan berikutnya atau ke maskapai/hotel lain dengan fasilitas tambahan (kadang berupa uang tunai, upgrade kelas layanan/tipe kamar, dll.).
  • Tips Lain
Jika Anda melakukan pemesanan tiket pesawat/hotel melalui travel agent, selalu pastikan travel agent itu terpercaya dan setelah selesai selalu cek pemesanan yang Anda lakukan ke pihak maskapai/hotel. Hal ini selalu saya lakukan untuk berjaga-jaga sekaligus mengubah/memberikan kontak saya ke pihak maskapai/hotel. Mengapa demikian? Karena beberapa travel agent tidak memberikan data diri kita kepada maskapai/hotel, mereka menggunakan alamat e-mail dan nomor telepon mereka sebagai data pemesan. Ingat, maskapai dan hotel membolehkan adanya perbedaan pada data pemesan dan data penumpang/tamu. Jika maskapai/hotel memiliki data kontak kita yang valid, tentu akan lebih mudah bagi mereka untuk menginformasikan kepada kita jika terjadi perubahan, force majeur, atau hal lain.

Comments

Popular posts from this blog

10 Tempat Makan di Bandung yang Wajib Menjadi Tujuan Wisata Kuliner

Artikel Original :  www.vallet.id Bosan di rumah saja tanpa ada acara pada saat akhir pekan? Pergi saja ke Bandung. Kota yang satu ini sangat terkenal akan berbagai tempat makannya. Ini 10 tempat makan di Bandung yang wajib menjadi tujuan wisata kulinermu: 1. Dusun Bambu Tempat makan di Bandung yang termasuk sebagai salah satu yang paling terkenal adalah Dusun Bambu. Dusun Bambu termasuk unik karena tempat makannya yang berupa sarang burung yang berada di atas pohon. Daerah tersebut bernama Lutung Kasarung, dan kamu bisa menyewa sarang burung tersebut untuk makan paket makanan yang telah kamu pesan. 2. Kampung Daun Suka dengan suasana hutan dan air terjun? Silakan datang saja ke Kampung Daun. Makan di Kampung Daun serasa makan di tengah hutan. Pondok-pondok makannya juga terbuat dari kayu dan bambu, sangat alami. 3. Congo Tergantung suasana yang ingin kamu rasakan, jika kamu menginginkan yang romantis, maka datang saja pada malam hari karena akan ada banyak lilin yan...

Ketahui Ukuran Spanduk Agar Informasi Tersampaikan

Artikel By :  www.vallet.id Ukuran spanduk, ditentukan  sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa ukuran yang biasa dilihat. Ketika di jalan raya, ukuran yang digunakan jenis spanduk adalah ukuran 2 x 4,5 m. Berbeda dengan spanduk yang diletakan di pinggir jalan biasanya berukuran kecil. Penggunaan spanduk berukuran kecil untuk memberikan informasi yang singkat kepada pembaca. Seperti spanduk informasi kursus masak, dapat menggunakan ukuran yang tidak besar dan hanya berbentuk persegi. Jika Anda ingin mencetak spanduk langkah awal yang perlu diketahui adalah ukuran spanduk. Cari tahu ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing ukuran memiliki harga dan penempatan informasi yang berbeda. Seperti beberapa ukuran spanduk yang sering digunakan berikut. 2 x 1,5 m 3 x 0,8 m 3 x 1 m 4 x 0,8 m 2 x 4,5 m 5 x 1 m Ukuran spanduk tersebut sering digunakan orang untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Namun Anda dapat mencetaknya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan....

Penggunaan Desain Grafis

Artikel By :  www.vallet.id Penggunaan desain grafis di era sekarang ini sangatlah luas dan memberikan warna istimewa untuk masyarakat secara umum. Mulai dari desain media sosial, souvenir sampai undangan pernikahan. Tidak hanya itu, desain grafis juga sudah lama mewarnai dunia blogging dan membuat tulisan lebih berbicara. Desain grafis memudahkan para pembaca dalam memahami tulisan yang ada. Lebih dari itu, desain grafis merupakan sentuhan tambahan sebuah artikel blog jadi lebih menarik. Saya pribadi senang sekali melihat blog dengan dilengkapi desain grafis yang sederhana namun enak dibaca. Membuat desain grafis tidaklah harus yang rumit atau tingkat tinggi. Desain grafis yang sederhana dengan sentuhan terbaik dapat menghasilkan karya istimewa. Desain grafis yang sederhana justru terlihat lebih berkesan dari pada desain yang terlalu ramai dan rumit. Kombinasi huruf, keselarasan warna serta permainan garis simetris yang apik membuat desain grafis menjadi istimewa. Susah n...