Skip to main content

Globalisasi

Artikel By : www.vallet.id

Globalisasi membuat batasan ruang di dunia ini menjadi tidak ada. Kini semua informasi begitu mudah untuk diakses dan dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Tentu saja tidak hanya batasan ruang, globalisasi juga membawa pengaruh pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali juga dalam bidang bisnis.
Branding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu dua saja jumlahnya tetapi banyak. Karenanya sebagai pelaku usaha Anda juga harus memiliki dan membangun brand dari usaha bisnis Anda. Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh jika brand Anda sudah kuat. 
Pengertian Branding
Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing. Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga kini branding didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Bagi perusahaan branding, bukan hanya sekedar merek atau produk Anda dikenal tetapi juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan Anda merupakan yang terbaik.
Unsur-Unsur Branding
  1. Nama merek
  2. Logo, meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan seterusnya.
  3. Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
  4. Juru bicara, seperti co-founder, maskot, tokoh perusahaan
  5. Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
  6. Kata-kata, meliputi slogan, taglinejingle, dan lain-lain.
Jenis-Jenis Branding
a. Product branding
Adalah jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.
b. Personal branding
Merupakan alat pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.
c. Corporate branding
Semua aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding sangat penting untuk menngembangkan reputasi perusahaan di pasar.
d. Geographic branding
Memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Jadi saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.
e. Cultural branding
Mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.
Fungsi dan Tujuan Branding
  1. Sebagai pembeda, di mana perusahaan yang memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor.
  2. Promosi dan daya tarik, jika Anda memiliki brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Pelanggan cenderung memilih brand yang kuat dan loyal terhadap brand yang sama.
  3. Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis Anda menjadi mudah diingat.
  4. Pengendali pasar: brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenalnya.
Sementara tujuan dari branding sendiri adalah untuk membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat kepada brand dan membangun rasa cinta masyarakat kepada brand. Tujuan branding ini merupakan salah satu hal yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Branding yang kuat akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk Anda dan lebih loyal terhadap perusahaan Anda.
Manfaat Branding
Seperti yang disebutkan di atas bahwa branding merupakan hal penting bagi perusahaan terlebih di era sekarang. Salah satu alasannya yaitu karena akan ada banyaknya manfaat yang dapat diperoleh perusahaan. Memberikan daya tarik bagi konsumen.
Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.
Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
Peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.
Itulah penjelasan mengenai branding, selanjutnya Anda dapat melakukan branding baik untuk produk maupun usaha bisnis Anda. Sehingga kinerja bisnis Anda akan terus berkembang. Beberapa perusahaan, rela membangun branding dari prusahaan mereka selama bertahun-taun. Tentu saja branding perusahaan ini menghabiskan dana yang tidak sedikit. Branding perusahaan juga memerlukan riset agar perusahaan tidak salah sasaran dengan branding yang diinginkan. Untuk mendukung bisnis yang terus berkembang, Anda juga harus memastikan pembukuan perusahaan Anda berjalan dengan benar. Untuk memudahkan Anda membuat pembukuan secara cepat, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Jurnal merupakan software akuntansi Online yang berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan dan pembukuan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, dll yang akan membantu mengembangakan nilai aset bisnis Anda di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Kombinasi Font Terbaik

Artikel By :  www.vallet.id Sebelum membuat desain, kamu harus memahami dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat elemen dan prinsip yang mesti kamu pahami. Selain itu, pemilihan  font  juga tidak boleh asal-asalan, karena setiap  font  yang kamu pilih akan memberikan  mood  yang berbeda-beda pula. Rekomendasi Kombinasi Font Terbaik Mengombinasikan  font  merupakan pekerjaan yang  tricky . Pilihlah jenis font yang sesuai dengan font karakter desain entah itu untuk poster, brosur, tampilan  website , atau media lainnya agar terlihat lebih dinamis. Salah sedikit saja akan membuat semuanya terlihat kacau. Untuk dapat mengombinasikan  font  dengan baik dibutuhkan sentuhan desain yang kuat dan mata yang tajam. Sebelum memilih  font  untuk desain, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal seperti, memahami untuk siapa desain tersebut dibuat sebab, setiap  font  memiliki rasa dan  mood  tersendiri jangan sampai target merasa tidak sreg dengan font yang kamu

Ketahui Ukuran Spanduk Agar Informasi Tersampaikan

Artikel By :  www.vallet.id Ukuran spanduk, ditentukan  sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa ukuran yang biasa dilihat. Ketika di jalan raya, ukuran yang digunakan jenis spanduk adalah ukuran 2 x 4,5 m. Berbeda dengan spanduk yang diletakan di pinggir jalan biasanya berukuran kecil. Penggunaan spanduk berukuran kecil untuk memberikan informasi yang singkat kepada pembaca. Seperti spanduk informasi kursus masak, dapat menggunakan ukuran yang tidak besar dan hanya berbentuk persegi. Jika Anda ingin mencetak spanduk langkah awal yang perlu diketahui adalah ukuran spanduk. Cari tahu ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing ukuran memiliki harga dan penempatan informasi yang berbeda. Seperti beberapa ukuran spanduk yang sering digunakan berikut. 2 x 1,5 m 3 x 0,8 m 3 x 1 m 4 x 0,8 m 2 x 4,5 m 5 x 1 m Ukuran spanduk tersebut sering digunakan orang untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Namun Anda dapat mencetaknya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Sesuaika

Pengertian desain grafis

Artikel By :  www.vallet.id Pengertian desain grafis adalah suatu proses komunikasi dengan penggunaan elemen-elemen visual. Seperti: gambar, bentuk  (shape) , ilustrasi, hingga teks dengan tujuan untuk menyapaikan pesan tertentu. Anda seorang desainer grafis? Profesional? Atau baru belajar? Saya rasa tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini sampai habis dan mengambil ilmu yang terkandung.  Semoga. Apa itu Desain Grafis? Desain grafis juga dikenal sebagai desain komunikasi (visual). Desain grafis adalah sebuah seni sekaligus praktik perencanaan, gagasan, dan pengalaman yang dituangkan ke dalam konten visual dan tekstual. Bentuk yang diambil dapat berupa desain fisik atau virtual dan mencakup kata-kata, gambar, dan grafik. Desain grafis dapat dikerjakan secara fleksibel baik individual maupun tim dengan skala besar. Tahukah Anda? Dalam ilmu desain grafis, teks tulisan juga disebut sebagai gambar. Itu dikarenakan tulisan adalah bentuk abstraksi dari simbol-simbol yang d